Monday, April 4, 2016

Kebiasaan Unik Orang Sunda Asli

Inilah Kebiasaan Unik Orang Sunda Asli 

Assalamualaikum wr.wb

Kumaha kabarna sobat blogger sadayana, mudah-mudahan keadaannya semuanya pada baik-baik saja amin yra :) pada kesempatan kali ini abdi sebagai Orang Sunda Asli mau share tentang kebiasan - kebiasan unik dari Orang Sunda Asli.

Saya sangat beruntung bisa lahir di negara indonesia, tepatnya di wilayah jawa barat dan lebih tepatnya lagi di kota Tasikmalaya jawa barat :) Indonesia ini terkenal dengan banyaknya suku dan juga beragam kebudayaan daerahnya masing-masing, namun ada salah satu suku di indonesia yang paling terkenal yaitu " Suku Sunda ". Suku Sunda Priangan yakni meliputi daerah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang Dan Bandung. Dari berbagai wilayah dan suku-suku yang ada di indonesia pastinya memiliki keunikan atau kebiasaannya masing-masing, Nah anda bukan asli orang sunda tapi anda penasaran dengan suku sunda ! Inilah kebiasan-kebiasan unik orang sunda dan saya sebagai orang sunda asli pun sering melakukan kebiasan unik ini.  

Ciri Kebiasaan Unik Dari Orang Sunda 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/kebiasaan-unik-orang-sunda-asli.html

1. Gemar Makan Sambel
Inilah salah satu kebiasan orang sunda yang sangat unik yaitu gemar makan sambel, sambel itu banyak sekali ada sambel gowang, sambel tomat dan sambel terasi, apabila saat mau makan lidah orang sunda itu tidak bisa lepas dari yang namanya sambel dan sambel itu menu yang wajib ada pada saat makan.
2. Gemar Sholat 
Satu kebiasan yang sangat unik dari orang sunda yaitu mereka selalu mengutamakan sholat, mau berada dimana pun sholat itu nomer satu tidak boleh di tinggalkan, saat berada di sekolah, di kantor, di kebun, di sawah dan dimanapun orang sunda itu selalu sholat, itulah kenapa orang sunda itu di kenal sangat religius. 
3. Ramah dan Murah Senyum
Nah ini juga sudah menjadi kebiasaan yang sudah ada sejak jaman dahulu yaitu urang sunda tidak pernah malu ataupun ragu untuk melempar senyum kepada setiap orang walaupun orang itu tidak di kenal dan orang itu berbeda suku tetapi orang sunda tetap Keep Smile :) Apabila anda berkunjung ke daerah jawa barat anda pasti tidak mau pulang soalnya urang sunda itu sangat ramah dan murah senyum :)
4. Urang Sunda Itu Humoris
Selain ramah, murah senyum dan gemar sholat ternyata urang sunda itu di kenal sangat humoris, banyak sekali pelawak yang berasal dari jawa barat contohnya yaitu kang " Dicki Candra " dan " Sule ". Sudah bukan rahasia lagi kalau kang sule itu terkenal dengan lawakannya yang membuat orang lain itu tertawa sampai bisa-bisa terpingkal-pingkal. 
5. Sebutan Nama- Nama Yang Unik Khas Sunda
Orang tua jaman dahulu ngasih nama itu sangat unik yang menjadi ciri khas dari orang sunda, sontohnya seperti : Ujang, Asep, Nyai, Iteung, Lilis, Euis, Imas, Eneng dan masih banyak lagi. Selain nama-nama yang unik di atas masih ada juga nama yang sangat unik yaitu nama yang sering di ulang-ulang seperti : Tuti Pujiastuti, Ajat Sidrajat, Wawan Hermawan, Didi Mulyadi dan masih banyak lagi.
6. Gareulis (Cantik ) dan Kararasep ( Ganteng )
Urang sunda itu tidak hanya terkenal ramah, muarh senyum dan juga gemar sholat, tetapi orang sunda itu memang gareulis dan kararasep, contohnya saja Istri Kang ridwal Kamil yang sangat cantik sekali. Walaupun tidak semua urang sunda itu mempunyai kulit yang putih dan mulus banyak kok yang mempunyai kulit sawo matang tetapi tetap terlihat gareulis dan kararasep.
7. Kalem & Sopan
Urang sunda juga sangat di kenal dengan pembwaannya yang kalem dan sopan dan venderung tidak mencari masalah.
8. Bototoh PERSIB Sajati
Kalau anda orang sunda asli pasti anda tahu donk tentang klub sepak bola kebanggaan warga jawa barat yaitu " PERSIB ", jangan nagku-ngaku orang sunda kalau anda belum mendukung persib. Bagi sebagian masyarakat jawa barat persib sudah mendarah daging, mendukung persib itu sudah di lakukan sejak jaman dahulu dan turun-temurun, apabila persib sedang bentanding semua mata akan tertuju pada satu tujuan yaitu menonton pertandingan " PERSIB "
http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/kebiasaan-unik-orang-sunda-asli.html
Nah itulah beberapa kebiasaan dari orang sunda yang sangat unik, sebenarnya masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan urang sunda itu, tetapi yang saya tahu hanya itu saja :) Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna dan bermanfaat .. amin yra

Load disqus comments

81 comments