Sunday, April 3, 2016

Berdzikir Dengan Menggunakan Tangan

Ternyata Tangan Juga Bisa Di Gunakan Untuk Berzikir 

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi sobat blogger semuanya, di pagi yang cerah ini saya mau membahas dan share tentang " Berdzikir Dengan Menggunakan Tangan ", menurut saya masih banyak sekali orang-orang yang tidak sempat berdzikir kepada Allah SWT mungkin alasannya yaitu : tidak membawa tasbih, sibuk, terburu-buru dll. Setelah selesai sholat kita sebaiknya menyempatkan berdzikir kepada Allah SWT dan tidak langsung keluar begitu saja sebaiknya kita berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT, karena setelah sholat itu doa kita pasti akan di kabulkan. Dan apabila anda mau berdzikir tapi anda bingung tidak membawa tasbih itu salah walaupun anda tidak mempunyai atau tidak membawa tasbih anda bisa menggunakan jari-jari tangan anda untuk berdzikir kepada Allah Swt.

Tangan kita itu tidak hanya bisa di gunakan untuk makan, minum, mengangkat benda dan berwudhu saja tetapi tangan kita itu bisa di gunakan untuk berdzikir kepada Allah SWT, kita bisa menggunakan jari-jari tangan kita sebagai penganti tasbih untuk berdzikir.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Hitunglah (dzikir) itu dengan ruas-ruas jari karena sesungguhnya (ruas-ruas jari) itu akan ditanya dan akan dijadikan dapat berbicara (pada hari Kiamat).” (HR. Abu Dawud, no. 1345) ( Tuhfatul Ahwadzi Syarh Sunan at-Tirmidzi )
Islam itu merupakan agama yang paling lengkap sekali, saking lengkapnya kita mau ngapain dan mau pergi kemanapun itu ada doa dan juga ada adabnya, tidak sembarangan contahnya yaitu kita mau keluar rumah dan masuk rumah itu ada doanya yaitu ucapkan salam, itulah salah satu kehebatan dari agama islam. 

Alhamdulillah saya sebagai seorang muslim juga suka dan sering mengikuti cara-cara nabi saya yaitu Nabi Muhammad SAW, yaitu Berdzikir Dengan Menggunakan Jari-Jari Tangan. 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/berdzikir-dengan-menggunakan-tangan.html

Dari gambar yang di atas ini, semoga lebih jelas lagi bangaimana caranya berdzikir menggunakan tangan, ini berdzikir dengan menggunakan tangan kanan.

Tetapi, kalau saya berdzikir itu tidak hanya menggunakan tangan kanan saja tetapi saya suka menggunakan tangan kanan-dan juga tangan kiri saya untuk berdzikir kepada Allah SWT.

Kenapa Rasulullah Sholallohu ‘Alaihi wa Salam, sering menggunakan tangan untuk berdzikir, di bawah ini ada hadist yang menjelaskannya adalah :

“Dari Aisyah ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam menyukai sebelah kanan, mengambil dengan tangan kanannya, memberi dengan tangan kanannya dan menyukai sebelah kanan dalam semua urusannya.” (HR. Nasa’i No 5059),

Dari Aisyah Rodhiyallohu ‘anha, beliau berkata: “Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam suka mendahulukan bagian kanan baik dalam bersandal, bersisir, bersuci, dan setiap urusannya.” (HR. al-Bukhori 1866 dan Muslim 268).

BACAAN DOA BERDZIKIR ATAU WIRID

سُبْحَانَ اللهِ 

SUB'HANALLOH (Dibaca 33x)

 اَلْحَمْدُ ِللهِ 

AL'HAMDULILLAH (Dibaca 33x)

اللهُ أَكْبَرُ 

ALLOHU AKBAR (Dibaca 33x) 

Jadi intinya yaitu walaupun kita tidak membawa atau tidak mempunyai tasbih , kita masih bisa menggunakan jari-jari tangan untuk berdzikir kepada Allah SWT dan selagi kita mempunyai tangan dan tangan kanan itu masih di gunakan kita masih bisa menggunakan tangan kanan untuk berdzikir kepada Allah SWT. Mudah-mudahan kita semua bisa menjalankan perintah Nabi kita yaitu berdzikir dengan menggunakan tangan kanan. Amin yra

Semoga Kita Semua Bisa Melakukannya " Insya Allah "

Load disqus comments

71 comments