Monday, April 18, 2016

Permainan Baheula Urang Sunda Anu Bikin Kangen

Inilah Permainan Baheula Urang Sunda Anu Bikin Kangen 

Assalamualaikum Wr.Wb 

Selamat pagi dulur-dulur, kumaha dararamang alhamdulillah atuh syukur ari dararamang mah. Berbicara tentang suku sunda itu tidak akan ada habisnya dan tidak akan pernah habis walaupun di telan jaman. kebetulan saya lahir di suku sunda jadi saya mau share dan berbagi cerita saja tentang permainan baheula anu bikin kangen. ( Permaianan jaman dahulu yang bikin kangen ).

Waktu kecil mungkin urang sunda itu banyak yang memainkan permainan tradisional ini, tetapi pada jaman sekarang jaman yang serba modren ini permainan ini sudah sangat langka dan bahkan bisa-bisa punah kalau tidak ada yang melestarikannya, kalau kita tidak mau melestarikan permainan ini terus mau siapa lagi yang melestarikannya ? WHO !!!

Tidak usah banyak-banyak ya, langsung saja inilah beberapa permainan baheula urang sunda anu bikin saya kangen pengen memainkannya lagi.  

Ngadu Muncang   

Ngadu muncang

Muncang ( Kemiri ), siapa yang tidak tahu dengan kemiri, kemiri itu yang suka di dapur, kemiri itu bumbu masakan dan juga makanan. Tetapi kalau di kampung saya kemiri itu bukan untuk di masak tetapi di jadikan permainan namanya yaitu Ngadu Muncang, permainan ini hanya di lakukan oleh kaum lelaki saja perempuan tidak boleh main ini. ( Pamali ) 

Empet-Empetan 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Ada yang tahu empet-empetan itu apa ? Mungkin pada zaman modren ini bisa di sebut trompet, karena trompet dan empet-empetan itu suaranya sama, cuma yang membedakannnya yaitu cara pembuatannya dan juga bahannya yang berbeda. Kalo empet-empetan itu terbuat dari jerami padi caranya sangat mudah dan gampang sekali tidak perlu beli. Kalau trompet itu terbuat dari plastik dan ini harus di beli.  

Boy Boyan 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Ada yang pernah merasakan permainan yang satu ini ? Ini namanya permainan boy boyan maaf bukan si boy yang di sinetron ( anak jalanan ) ya, ini permainan yang menurut saya paling seru dan melegenda, kenapa ? soalanya ini permainan yang butuh kekompakan permaianan ini bisa di mainkan oleh cowok dan cewe, boy boyan itu menggunakan bola tenis. Pokoknya permainan ini menurut saya paling TOP BGT. 

Petak Jongkok

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Nah kalau dengan permainan ini ada yang masih inget ngak ? Permainan tradisional petak umpet, permainan ini bisa di lakukan oleh banyak orang semakin banyak orang semakin rame permainan ini cewe dan cowo juga bisa ikutan permainan yang satu ini, permainan ini sangat gampang tinggal jongkok saja nanti kalo di tepuk teman boleh berdiri, itulah permainan petak jongkok.  

Ular Naga 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Nah kalau dengan permainan yang satu ini bagaimana, pasti anda pernah merasakannya kan ! Permainan yang legenda ini permainan yang bisa di lakukan oleh siapa saja, semakin banyak orang semakin rame permainan ini. Alhamdulillah saya pernah ngalamin permainan ini pokoknya seru banget, betul tidak. 

Jajangkungan 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Nah inilah permainan tradisional yang sudah jarang sekali saya temui, mungkin kalau ada acara-acara resmi saja permainan ini di tampilkan, tapi kalau menurut saya mah jangan kalau bisa setiap hari atau setiap hari minggu saja. Jujur saja permainan ini lumayan sulit, saya juga waktu mencobanya harus jatuh bangun ( Sama Seperti Mengejar Cinta Kamu Aku Jatuh Bangun ).  

Kejar-Kejaran 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Ada yang tahu dengan permainan kejar-kejaran ini ngak ? Kalo saya sering menyebut permainan ini dengan nama Eong Lumpat soalnya permainan ini membutuhkan fisik yang bagus dan juga lari yang sangat kencang, waktu kecil saya sering memainkan permaiann ini pantesan saja fisik saya bagus soalnya olahraganya juga berat. hehehe. Namanya unik ya kejar-kejaran ( Sema Seperti Aku Mengejar Kamu ) 

Katapel 

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/04/permainan-baheula-urang-sunda-anu-bikin.html

Ada yang tahu, dan ada yang pernah merasakan permainan ini ? Pemainan katapel ini identik dengan cowok soalnya permainan ini tuh berbahaya sekali buat cewe mah. Katapel itu sering di gunakan pada waktu dulu mungkin fungsinya untuk mengusir hama padi atau juga bisa di gunakan untuk berburu. Alahamdulillah saya pernah merasakan permainan ini. 

Tambahan Saja :

  • Kotak Pos 

Saya pernah memainkan permainan kotak pos ini, tapi saya lupa lagi, ada yang masih tahu tidak ? kalau ada yang masih tahu boleh tuh kasih tahu ke saya hatur nuhun :D
  • Pepenjahatan & Polisi - Polisian

Ini cuma permainan pepenjahatan ya bukan penjahat beneran, permainan ini hanya bisa di lakukan oleh para cowok permainan ini di lakukan di malam hari, semakin banyak yang main semakin rame permainan ini. Permainan ini membutuhkan fisik yang lebih bagus dari C. Ronaldo.
Hanya permainan itu saja yang masih saya inget dan masih hapal bener dengan cara memainkannya. Sebenarnya masih banyak lagi cuma saya tahunya hanya segitu tidak apa-apalah yang penting hari ini saya bisa posting Hahaha.

Kalau ada yang masih tahu tentang permainan urang sunda jaman dulu silahkan komen ya di bawah ini saya tunggu ya .. HATUR NUHUN
Load disqus comments

100 comments