Friday, March 25, 2016

Permainan Tradisional Masyarakat Sunda

Permainan Tradisional Masyarakat Sunda 

Hallo sobat blogger semua dimanapun anda berada, kali ini saya akan share tentang permainan tradisional orang sunda atau kaulinan barudak sunda, saya sendiri juga pernah merasakan yang namanya permainan orang sunda, permainan orang sunda itu sama seperti yang ada di daerah-daerah yang lainnya, cuma yang membedakannya itu mungkin namanya saja. 

Kenapa saya share tentang permainan tradisional orang sunda ? Karena saya sendiri berasal dari jawa barat asli orang sunda, jadi saya harus melestarikan permainan tradisional orang sunda kitu, pada zaman sekarang ini permainan tradisional itu sudah susah di mainkan atau di temukan kenapa ? 

  1. Kurangnya kesadaran dari warga atau masyarakat
  2. Teknologi yang sudah canggih seperti ( Hp, Ps, Komputer, dll )
  3. Lahan tempat untuk bermain di jadikan gedung - gedung
  4. Anak-anak pada zaman sekarang itu sama permainan online seperti ( PB - Point Blank ), tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa sampai orang tua suka sama permainan yang satu ini " seru katanya "
  5.  Orang dewasa tidak mau mengejarkan permainna tradisinal sama anak-anak 
Mugkin itulah beberapa faktor yang membuat permainan tradisional orang sunda tidak bisa kita lihat dan tidak bisakita nikmati, mungkin mau nambahin tentang faktor - faktor permainan tradisional orang sunda di dalam komentar saja ya :D :D

NOSTALGIA WAKTU KECIL 

1. PETAK UMPET  
http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/03/permainan-tradisional-masyarakat-sunda.html

Siapa yang tidak mengenal dengan permainan yang satu ini permainan ini dapat di mainkan oleh beberapa orang saja, akan tetapi kalau permainan ini di mainkan banyak orang itu akan lebih seru dan ramai. kalau di kampung kalian nama permainan ini apa ?


2. PECLE 
http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/03/permainan-tradisional-masyarakat-sunda.html

Nama permainan ini di kampung saya yaitu pecle ( bukan pecel lele ya ) hehehe :D permainan ini lebih sering di mainkan oleh anak-anak perempuan, tetapi permainan ini juga sering di mainkan sama anak cowok ( waktu kecil saya juga sering memainkan permainan ini ).

3. PUTULAN ( BENTENG - BENTENGAN )
http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/03/permainan-tradisional-masyarakat-sunda.html

Nah kalau yang ini tuh merupakan salah satu permainan favorit saya kenapa ? karena waktu SD setiap hari permainan ini di mainkan, permainan ini lebih cendering ke anak laki-laki karena permainan ini tuh butuh tenaga yang super dan kekkuatan yang sangat mempuni .. heheh :) pokoknya ini permainan Favorit saya.

4. GALAH
http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/03/permainan-tradisional-masyarakat-sunda.html

Permainan ini juga merupakan salah satu permainan favorit ini, biasanya permainan ini di mainkan pada waktu sore hari setelah ashar dan setelah saya sekola agama ( dulu ). Permaianan ini di mainkan dengan banyak orang dan di bagi menjadi 2 group ada group untuk menjaga benteng dan ada group yang harus keluar dari benteng atau merebut benteng itu, seruuuuu

5. Kelereng ( Kaleci )
http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/03/permainan-tradisional-masyarakat-sunda.html

Di kampung saya ini namanya kaleci, kalau di kampung kalian namanya apa ? ini merupakan permaianan untuk anak laki-laki tidak hanya untuk anak-anak semua kalangan juga seru permainan yang satu ini, namun sayang pada zaman sekarang sudah sudah di temukan, mungkin lahan untuk bermain kelereng itu sudah sedikit dan sudah banyak di jadikan gedung-degung dan pusat perbelanjaan, sayang sekali ya :(

6. SAPINTRONG ( PERMAINAN LOMPAT KARET )

http://imanlukman23-id.blogspot.com/2016/03/permainan-tradisional-masyarakat-sunda.html

Ini juga merupakan salah satu permainan tradisional, permainan ini menggunakan karet. Permainan ini sering di lakukan olah anak-anak perempuan anak laki-laki juga bisa melakukan ini, permaianan ini di bagi menjadi 2 group ada yang bagian main dan ada yang bagian memegang karet. Permaianan yang sudah jarang saya lihat dan temukan.


Nah itulah beberapa permainan tradisional barudak sunda yang saya tahu dan yang pernah saya mainkan. Masih banyak lagi permainan tradisional barudak sunda, kalau kalian orang sunda asli pasti tahu donk tentang permainan ini, kalau ada yang mau menambahkan permainan tradisional silahkan ya :D

" DUH JADI INGET NUJU LEUTIK NUJU NGORA "


Load disqus comments

36 comments